asal kata nama tari saman

Di antara tari ragam dari penjuru Indonesia, tari saman termasuk dalam kategori Dance Art sangat menarik. Keunikan Tari Saman terletak di bagian paling kekompakan gerakannya. Para penari bergerak serentak dapat mengikuti musik saman harmonis. gerakan yang teratur tampaknya didorong satu tubuh, terus menari dengan kompak, lagu dinamis Dendang follow. Ini menarik, bukan? Tidak ada yang salah jika banyak alur cerita saman pecinta tarian seni tari. Tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri. Sekarang, mari kita tinjau lebih lanjut tentang tarian unik ini.



Mengapa tarian ini disebut tari Saman? Tarian ini di bernama Saman karena diciptakan oleh seorang ulama bernama Sheik Gayo Saman pada sekitar abad XIV, dari Dataran Tinggi Gayo. Awalnya, tarian ini adalah bentuk lain dari permainan yang disebut orang Pok Ane. Namun, kemudian ditambahkan dengan iringan ayat yang berisi puisi-puisi pujian kepada Allah SWT, dan disertai dengan kombinasi Pat-Pat dari para penari. Pada saat itu, tari saman menjadi salah satu acara media.

Pada awalnya, hanya ditampilkan untuk acara tari saman, terutama pada saat merayakan hari ulang tahun yang besar Nabi Muhammad SAW atau disebut peringatan untuk merayakan Nabi Muhammad.

Tari Saman, biasanya ditunjukkan di bawah ini di bawah Meunasah (sejenis tahap surau). Namun seiring waktu, tari Saman yang pernah bergabung tumbuh sampai penggunaannya menjadi semakin umum. Sekarang, tari saman dapat digolongkan sebagai pertunjukan hiburan / tari, karena penampilan tari tidak terikat oleh waktu, peristiwa atau upacara.

Tari Saman dapat ditampilkan pada setiap kesempatan yang kerumunan dan kegembiraan, seperti pesta ulang tahun, pernikahan, atau pesta lainnya. Untuk tempat biasa, tari Saman dilakukan di rumah, lapangan, dan ada juga yang menggunakan panggung.

Tari Saman biasanya ditampilkan dipandu oleh seorang pemimpin yang sering disebut Sheik. Penari Saman dan Sheik harus mampu bekerja sama dengan baik untuk menciptakan sebuah gerakan yang kompak dan harmonis.

Tari Saman sebagai acara media. Sebelum Saman dimulai, muncul untuk mewakili pemimpin adat dari masyarakat setempat. pihak pabean memberikan saran - saran yang berguna untuk para pemain dan penonton. Puisi-puisi di antunkan di tari Saman juga berisi tip-tip dan Dakwah.

Namun, fungsi tari saman yang bergeser. Tarian ini jadi lebih sering berfungsi sebagai media hiburan di pesta makan malam, perayaan, dan acara lainnya.

baca juga :