Tari piring adalah ikon Sumatera Barat

Tari piring adalah ikon Sumatera Barat khususnya di bidang Seni dan budaya daerah. Sifat Sumatera Barat kostum tari piring adalah fitur yang terlihat identik dengan jenis tarian daerah yang satu ini. Memang pada kenyataannya pementasan dan tari piring belum tentu akan menggunakan kostum yang sama, tapi ada beberapa bagian dari pakaian yang mencirikan kostum tari piring. Berikut adalah ciri khas dari Sumatera Barat kostum tari piring.

tari piring merupakan tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Tarian ini pertama kali ditemukan dalam budaya masyarakat Minangkabau, terutama masyarakat Minangkabau tinggal di Solok. Sesuai namanya, tarian ini menggunakan piring sebagai salah satu properti yang selalu ada untuk menyelesaikan tarian. Di sisi lain, tari ini juga memiliki makna filosofis yang terkandung dalam setiap gerakan. Berikut kami akan mengupas gerakan tari lengkap piring bersama dengan unsur-unsur yang melengkapinya sebagai wawasan bagi kita semua.



Dalam bahasa Minangkabau, disebut dengan nama lempeng Dance Dance Piriang. Tarian ini merupakan salah satu ritual yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Minangkabau atas panen yang melimpah. Di piring-piring yang berayun dalam tarian, ada persembahan dalam bentuk makanan dan bunga sebagai hadiah kepada para dewa.

tengkuluk Horn
Ini adalah penutup para penari kepala yang dibuat sedemikian rupa menyerupai tanduk Kerbau. Kain yang digunakan dalam membuat kain tengkuluk balapak Horn adalah. Selain itu, di ujung tengkuluk yang juga biasa dihiasi dengan aksesoris.

Baju Kurung

Pakaian utama para penari menari piring adalah pakaian kurung dengan berbagai warna mulai dari biru muda, merah, dan hitam Jet maron. Pada beberapa sisi kemeja juga terlihat dihiasi oleh bunga bordir berbentuk dalam bentuk aksesoris. Selain dekorasi aksesoris kabarnya juga memiliki makna filosofis bagi masyarakat Minangkabau Sumatera Barat dan solusi khusus dikandung di Umum

Selendang

Kain dikenakan dilingkarkan pada tubuh bagian lengan penari sampai ke tubuh / lengan kanan bawah yang lebih rendah atau sebaliknya.

codec

Adalah istilah dari sarung tangan kain yang dikenakan oleh para penari. Hal yang sama dengan tanda kurung pakaian codec ada juga beberapa hiasan berwarna emas yang menggambarkan kebijaksanaan.

baca juga :