Tari Saman dari provinsi di Pulau Sumatera

Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari provinsi di Pulau Sumatera dari provinsi Aceh. Tarian ini disebut tari saman karena tarian ini didirikan dan pertama kali dikembangkan oleh Syekh bernama Saman yaang berasal dari Gayo. Tari saman, juga sering disebut panggilan tari Gayo. keunikan tarian ini, tarian ini tidak dilakukan oleh posisi tubuh berdiri, tetapi posisi tubuh penari duduk.

tarian tradisional di Indonesia tentu saja ada banyak dan beragam, itu adalah nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya. Kami harus bisa menjaga dan melestarikan itu, tidak tersesat itu ditelan waktu atau bahkan negara lain diakui sebagai kebudayaannya.



gerakan tarian ini yang ditampilkan pada gerakan tangan, semakin cepat gerakan tubuh lebih lama tanpa berdiri, dan ketepatan gerakan kepala. di mana semua gerakan harus disingkronkan dengan musik di sana. sebuah ayat dari lagu lagu adalah saman itu, bahasa Arab dan bahasa gayo. Bisa dibilang tarian ini termasuk tarian sakral. musik yang mengiringi lagu berasal dari ditabu gendang oleh "saudara". penari biasanya mengacu pada musisi sebagai "saudara". pada tim saman biasanya terdiri dari 10-20 orang.

Baik itu nama-nama tarian tradisional di Indonesia bersama dengan nama-nama daerah asal tarian. Dari data yang diberikan di atas, tentunya kita dapat menyimpulkan bahwa Indonesia kaya akan nilai-nilai budaya satu tarian. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga dan melestarikannya sehingga selalu ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Dikatakan lebih dulu tarian ini dilakukan oleh laki-laki karena tarian ini "kasar", maksud dari kasar di sini adalah gerakan yang sangat langka yang membutuhkan pergerakan supply, kekuatan dan akurasi tepuk tangan itu diperlukan. saman Arian adalah tarian yang membutuhkan kekompakan yang luar biasa serta kepercayaan dari masing-masing penari serta pemusiknya. kostum yang digunakan tarian ini merupakan bentuk kemeja Melayu, celana, kaus kaki, topi, ikat pinggang, sabuk, songket dan kerudung.

Untuk kerudung adalah relatif karena ada yang menggunakannya tetapi ada juga rambutnya dicepol atau dikonde. untuk masalah make up di masing-masing tim tergantung pada saman relatif timnya masing-masing.

baca juga :