tarian saman ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya

Sejak November 24, 2011, tari saman telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya benda asal Indonesia Tidak oleh Komite Keenam di Dewan UNESCO antara negara-negara yang berlangsung di Bali. klub dansa di Inggris dikenal sebagai "Dance of Thousand Hand" sampai sekarang masih dipertahankan, bukan hanya oleh Aceh Gayo, tetapi juga oleh seluruh masyarakat dunia yang mengagumi keunikannya.

Pada awalnya, hanya bermain tarian saman dari laki-laki yang jumlahnya tidak lebih dari 10 orang, 8 sebagai penari dan 2 aba aba-sebagai pemberi. Namun, dalam proses, menyadari bahwa tarian akan menjadi semakin bersemangat jika dimainkan oleh lebih penari, kemudian jadi harus ada tari saman yang dilakukan oleh lebih dari 10 penari. Selain itu, wanita yang awalnya tidak harus bermain tarian ini, juga akan diizinkan untuk memainkannya.



Untuk mengatur pergerakan kekompakan penari, tari saman biasanya akan dipimpin oleh dua orang, Sheikh. Sheik adalah pengatur gerakan beat sekaligus membimbing lagu atau puisi-puisi yang mengiringi tarian.

Yang membuat tarian yang sama begitu unik dan sering menyajikan decak AWE untuk yang mengawasinya adalah karena gerakan harmonisasi dalam tari adalah lagu melodi tradisional cepat dan pergi dengan itu. Banyak orang di luar negeri bahkan lebih tahu dari pendet tari saman atau tari kecak berasal dari bali. Sebagai bagi anda yang penasaran seperti apa keindahan dan unik adalah bahwa hal itu Tari Saman, silahkan menonton pertunjukan di video di bawah ini!

Berbeda dengan pertunjukan tari di General, pertunjukan tari saman pada aslinya, Anda tidak akan menemukan instrumen ritme iringan. Satu-satunya ritme yang digunakan untuk menyelaraskan gerakan tarian ini adalah suara dari para penari itu sendiri. Mereka akan bertepuk tangan, bertepuk dada, paha, dan kadang-kadang menyanyikan sebuah ayat atau lantai untuk gerakan menyingkronkan antara satu penari dengan penari lainnya

Untuk Sheik atau tur tarian, menyanyi saman tari juga tidak harus dilakukan sia-sia. Ada 5 aturan atau cara baku yang harus dipatuhi dalam tari saman, menyanyikan lagu. Kelima aturan: Rengum ata menderu oleh Guide. Cincin yang rengum yang segera diikuti oleh semua penari. Redet atau pendek nada singkat lagu yang dinyanyikan oleh salah satu penari di bagian tengah. Sheik atau lagu dengan suara panjang yang tinggi sebagai tanda gerakan perubahan. Saur atau lagu yang diulang oleh semua penari sekali dinyanyikan oleh seorang penari solo.

baca juga :